Penyebab Kita Menjadi Tua

Setelah mencapai usia dewasa, secara ilmiah seluruh komponen tubuh tidak dapat berkembang lagi. Sebaliknya justru terjadi penurunan karena proses penuaan. Pada umumnya manusia tidak pernah mempertanyakan mengapa kita menjadi tua, sakit dan akhirnya meninggal. Pada umumnya orang hanya menganggap menjadi tua memang harus terjadi, sudah ditakdirkan dan semua masalah yang muncul harus di alami. Bahkan ada yang berpendapat usia setiap orang sudah ditentukan oleh Tuhan, sampai usia tertentu, yang tidak sama pada setiap orang.

Padahal ada banyak faktor yang menyebabkan orang menjadi tua melalui proses penuaan, yang kemudian menyebabkan sakit dan akhirnya membawa kematian. Pada dasarnya berbagai faktor itu dapat dikelompokkan menjadi faktor internal dan faktor eksternal.

Beberapa faktor internal adalah radikal bebas, hormon yang berkurang, proses glikosilasi, metilasi, apoptosis, sistem kekebalan yang menurun, dan gen. Faktor eksternal yang utama ialah gaya hidup tidak sehat, diet tidak sehat, kebiasaan salah, polusi lingkungan, stres dan kemiskinan.

Karena berbagai faktor itulah terjadi proses penuaan, sehingga orang menjadi tua, sakit dan akhirnya meninggal. Namun kalau faktor penyebab itu dapat dihindari, proses penuaan tentu dapat dicegah, diperlambat, bahkan mungkin dihambat, dan kualitas hidup dapat dipertahankan. Lebih jauh, ini berarti usia harapan hidup menjadi lebih panjang dengan kualitas hidup yang baik.

Dengan melihat berbagai faktor diatas, kita dapat menentukan faktor mana yang dapat dihindari atau diatasi agar proses penuaan dapat dicegah atau dihambat? kalau radikal bebas dapat diatasi dengan antioksidan, salah satu penyebab proses penuaan sudah dihambat. Kalau gaya hidup tidak sehat ditinggalkan, kalau diet tidak sehat dihindari dan kalau hormon yang berkurang diatasi dengan pengobatan, maka penyebab proses penuaan yang penting telah disingkirkan.

Dengan demikian, sesungguhnya proses penuaan dapat dicegah, diperlambat atau dihambat. Karena itulah usia harapan hidup di negara maju lebih tinggi daripada di negara sedang berkembang atau negara terbelakang. Bermodalkan kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan dan menghindari berbagai faktor penyebab proses penuaan dilengkapi dengan pengobatan, masyarakat di negara maju mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk hidup lebih sehat dan berusia lebih panjang dibandingkan masyarakat dinegara berkembang atau terbelakang.

Kurangnya pengertian masyarakat mengenai faktor penyebab proses penuaan dan bagaimana mencegahnya, merupakan penyebab utama mengapa masyarakat dibanyak negara sedang atau belum berkembang tidak melakukan upaya itu. Padahal upaya menghambat penuaan tidak harus selalu dikaitkan dengan biaya yang mahal dan tidak terjangkau. Sebagai contoh upaya menghindari gaya hidup tidak sehat sebenarnya dapat dilakukan oleh masyarakat mengenai berbagai aspek yang berkaitan dengan gaya hidup sehat.

Dengan mengkomsumsi XAMthone Plus setiap hari, berarti kita telah mencukupi kebutuhan antioksidan ditubuh kita. Budayakan hidup sehat dengan minum XAMthone Plus setiap hari, produk herbal buah karya putra terbaik bangsa sendiri. (sumber: www.xamthone-antiaging.com)


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *